Variasi Agenda Penyambutan Mahasiswa Baru

Variasi Agenda Penyambutan Mahasiswa Baru

Kita semua mengetahui bahwa PMB ( penyambutan mahasiswa baru ) adalah momen yang sangat penting untuk rekruitment awal anggota, bagaimana agenda PMB yang telah teruji berhasil menarik banya massa ?

Penyambutan mahasiswa baru ( Maba ) bisa dikatakan sebagai momen emas bagi semua lembaga dakwah, bukan lembaga dakwah saja menurut saya, lembaga kemahasiswaan lebih tepatnya. Setiap  lembaga mempersiapkan yang terbaik, tim terbaik, dana terbanyak untuk agenda penyambutan Maba ini. Dakwah kampus tidak boleh ketinggalan momen penting yang juga merupakan kesempatan untuk rekruitmen anggota baru.Di bulan Juni dan Juli ini sudah puluhan pesan melalui sms maupun email kepada saya yang bertanya tentang bagaimana agenda PMB yang baik. Saya akan mencoba menjawab pertanyaan ini dengan sebaiknya, berdasarkan apa yang telah dan akan dilakukan di kampus saya dan hasil diskusi dengan kawan-kawan di kampus lain.

Persiapan panitia sejak 3 bulan sebelum penyambutan adalah langkah pertama yang perlu dilakukan. Mengapa perlu persiapan sejak lama, melihat urgensinya agenda ini maka kita perlu mempersiapkan sejak matang. Jika perlu, waktu liburan kita isi dengan aktifitas kepanitiaan. Kebanyakan agenda PMB adalah agenda multi-event, atau dengan kata lain terdiri dari rangkaian kegiatan. Rangkaian ini biasanya dimulai sejak pertama kali mendaftar ulang hingga beberapa pekan setelah kuliah berjalan. Saya akan mencoba memberikan bagaimana rangkaian PMB ini kita jalankan. Saya akan membagi agenda PMB dalam tiga klaster, yakni, branding, event, dan services.

Branding ( pencitraan )

Kesempatan awal bagi kita untuk mengenalkan LDK kita adalah di momen PMB. Pencitraan ini berhubungan dengan tampak visual dari LDK kita. Apakah dalam bentuk poster, umbul-umbul, baligo, leaflet, buletin, dan media lainnya. Pencitraan yang dibangun adalah kehangatan dari LDK, dan bagi LDK yang sudah stabil bisa juga ditonjolkan sisi kebesaran LDK. Kita mencoba membuat Maba menjustifikasikan bahwa LDK adalah lembaga terbesar di kampus. Dengan banyaknya simbol  LDK yang tampak dimana mana. Gambar diatas atas logo dari agenda PMB-Ramadhan GAMAIS yang akan di tonjolkan selama 5 pekan awal masa perkuliahan. Pemahaman teknik propaganda ini akan sangat bermanfaat dengan menyesuaikan dengan kondisi kampus, dari segi geografis, dan karakter mahasiswanya. Pencitraan selanjutnya adalah pencitraan kader kita. Kita perlu menyiapkan kader agar siap sedia untuk memberikan kesan yang terbaik bagi seluruh mahasiswa. Kesan yang ditimbulkan bisa yang sangat sederhana saja, seperti kesan penolong, dan ramah. Kader harus siap membantu Maba yang bingung ketika pertama kali masuk kampus. Memberikan informasi dan lain-lain,atau untuk hal yang sangat sepele seperti menunjukkan dimana suatu gedung atau toilet. Yakinlah setiap usaha kecil yang kita lakukan untuk melayani umat akan berbuah sebuah konsekuensi logis yakni keberterimaan dakwah di kampus.

Event ( acara )

Terkait event saya akan memberikan beberapa usul agenda yang pernah saya ketahui sukses di kampus.

Tasyakuran akbar

Ini merupakan bentuk kegiatan yang mengumpulkan seluruh mahasiswa baru dengan menampilkan yang berisikan talkshow dengan tema seperti kiat sukses kuliah, temu mahasiswa berprestasi, lalu mempertemukan seluruh mahasiswa dengan kakak tingkat yang siap membantu mereka. Tujuan dari agenda ini adalah untuk mensyukuri diterimanya mahasiswa di suatu kampus. Sub-acara pendukung lain seperti pembagian Al Qur’an gratis, makan siang bersama, pembukaan mentoring, atau bazar buku kuliah murah bisa menjadi daya tarik tambahan di acara ini.

Talkshow Mahasiswa Berprestasi

Talkshow ini beriskan diskusi dengan mahasiswa yang memiliki kelebihan secara akademik maupun non-akademik, seperti mahasiswa yang terancam cum laude atau Presiden BEM, atau mungkin mahasiswa yang mengikuti pertukaran pelajar, dan lain-lain. Tujuan dari acara ini adalah memberikan motivasi awal bagi mahasiswa di awal perkuliahan dan menjadi momen untuk sharing pengalaman. Agenda ini bisa juga dilaksanakan pada skala program studi atau fakultas agar bisa memberikan tips hingga per mata kuliah. Kita bisa juga mengundang dosen sebagai pembicara untuk memberikan materi terkait perkuliahan dan cara sukses menurut sisi dosen.

Muhasabah Akbar

Bentuk agenda yang mencoba menyentuh sisi emosional mahasiswa, yakni mencoba “membersihkan” diri di awal perkuliahan dengan muhasabah. Muhasabah biasanya bisa membuat seseorang tertarik dikarenakan citra muhasabah yang telah dinilai positif.

Self Development and learning Training

Sebuah pelatihan yang berisikan materi pengembangan diri dan untuk mengoptimalkan diri sebagai mahasiswa yang berprestasi. Setiap mahasiswa butuh adaptasi pada masa awal perkuliahan. Kita bisa mengundang trainer yang sudah terbiasa dan mempunyai sistem yang baik dalam hal ini, tinggal disesuaikan dengan kondisi karakter mahasiswa.

City tour

Pada kampus yang banyak mahasiswanya berasal dari luar kota, agenda ini bisa menjadi daya tarik, karena mereka juga ingin mengenal bagaimana kota yang akan mereka diami selama minimal 4 tahun mendatang. Ini bisa menjadi semacam wisata rohani juga jika kita pandai mengemasnya. Keliling kota menggunakan bis dan dengan pemandu untuk menjelaskan daerah yang dilewati. Tempat yang dilewati bisa beragam, apakah itu landmark, tempat bersejarah, tempat belanja atau beli buku, tempat ibadah ( kalau dibandung seperti daarut tahid ), atau tempat rekreasi.

Tutorial

Tutorial akademik bisa menjadi sebuah pelayanan tersendiri, tutorial ini berisikan latihan soal kuliah dan ditambah tips sebauh kuliah, agenda ini bisa juga di mix-kan dengan ta’lim sebagai penutup.

Turnamen olahraga / olahraga bareng

Olahraga bisa menyatukan mahasiswa, bahkan dunia. Kita bisa saja menjadi EO dari turnamen olahraga yang sederhana seperti sepakbola atau basket khusus mahasiswa baru. Dengan agenda ini bisa membuat maba mengenal kita sebagai lembaga yang bisa diterima oleh siapa saja dan tidak kaku

Kemuslimahan

Agenda khusus muslimah tentunya, sejenis kajian yang diperuntukkan bagi muslimah, dirangkai saja dengan tema yang menggelitik dan “kena” dengan maba. Ini merupakan jejaring yang bisa menyentuh hati muslimah, bangun kedekatan antara kader dan mahasiswa baru.

Studium General

Agenda sejenis talkshow yang mengundang tokoh nasional yang menjadi daya tarik tersendiri. Agenda ini bertujuan untuk memberikan gambaran luas akan kehidupan, sasaran pasar dari agenda ini adalah maba yang senang isu sosial politik kemasyarakatan. Kita mencoba memperkenalkan bagaimana pola pemikiran “cara mahasiswa” yang belum pernah mereka temui di SMU.

Open house

Open house lembaga dakwah, bisa dengan mendirikan stand selama satu atau dua pekan untuk memberikan kesempatan kepada maba untuk mengenal lembaga dakwah Anda dan mendaftar sebagai anggota.

Services ( pelayanan )

Dalam bentuk pelayanan ini perlu disiapkan dengan baik, karena pelayanan yang baik akan mendukung hadirnya peserta pada agenda lain yang direncanakan. Antara pelayanan dan event adalah setali dua uang, dimana ia akan saling bergantungan dan mendukung satu sama lain. Bentuk pelayanan yang bisa diberikan antara lain.

Fasilitas mentoring agama saat fasa orientasi mahasiswa ( Ospek )

Biasanya setiap kampus mempunyai orientasi awal sebelum perkuliahan. Agenda ini pada umunya dilaksankan oleh BEM. LDK bisa berperan dengan mengadakan mentoring agama untuk menyeimbangkan konten materi Ospek agar ada nilai spiritual di dalamnya. Dengan mentoring ini , kita bisa memberikan nuansa ketenangan dan kebahgiaan di tengah prosesi ospek ( yang pada umunya ) cukup menegangkan dan mencengkram. Disini mentoring agama ibarat oase bagi maba yang sedang ospek.

Pelayanan sholat berjamah saat fasa orientasi mahasiswa ( Ospek )

Masih seputar ospek, LDK juga bisa memberikan pelayanan shalat berjamaah dengan membuat instalasi wudhu dan tempat sholat yang memadai. Peran pelayanan ini dan membuat peserta ospek merasa “diselamati” oleh kader kita yang memberikan pelayanan sholat yang merupakan kebutuhan mendasar seorang muslim

Posko informasi

Bagian terpenting dalam pelayanan, posko ini berisikan informasi terkait perkuliahan, seperti dimana membeli buku murah, dimana fotokopi buku, dimana tempat jual CD program, atau tempat membeli buku text fotokopi, atau tempat membeli alat tulis. Selain itu seperti tempat perkuliahan, perkenalam kampus, dan lain-lain. Informasi untuk hidup seperti tempat kost yang dibutuhkan, atau koneksi ke asrama mahasiswa dan beasiswa, tempat membeli pakaian dan keperluan hisup seperti sabun dan lemari. Informasi kegiatan kampus yang bisa dihadiri oleh maba. Dengan pelayanan ini saya yakin, banyak maba yang terbantu, disinilah salah satu poin penting dalam pelayanan. Posko ini bisa dibuka sejak pendaftaran ulang mahasiswa hingga beberapa pekan sesudah kuliah. Posko ini tidak hanya bermanfaat untuk mahasiswa, bahkan orang tua juga bermanfaat.

Bazaar buku second hand

Buku text terkadang tidak digunakan lagi setelah lulus suatu mata kuliah, atau mungkin mahasiswa yang telah lulus tidak membutuhkan buku atau catatan mereka. Kita bisa mengumpulkan buku ini dan membagikan secara gratis atau menjualnya secara murah ke maba yang membutuhkan. Ini merupakan bantuan yang amat sangat berarti mengingat mahalnya buku text.

CD dan Booklet

Berisikan hal hal penting yang perlu diketahui oleh mahasiswa baru, seperti pengenalan lingkungan kampus, terkait dimana saja kantin kampus dengan variasi harganya, toilet dimana saja, tempat perkuliahan, tempat belajar, perpustakaan, hot spot, dan lainnya. Pengenalan kota seperti tempat makan murah, tempat beli buku, tempat bersenang senang, tempat rekreasi dan lainnya. Bisa juga diisi dengan pengenalan lembaga dakwah. CD dan Booklet ini bisa dibagikan ke semua mahasiswa secara Cuma Cuma dan bisa jadi bentuk pelayanan yang sedikit mahal. CD ini di buat dalam program Flash MacromediaTM sehingga tampak high-tech dan mudah dan menarik untuk digunakan. Booklet pun dikemas dengan colorfull dan full image serta praktis untuk dibawa kemana-mana.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s