Variasi Agenda Syiar Ramadhan

Variasi Agenda Syiar Ramadhan

Ramadhan merupakan momen yang dimana mahasiswa lebih ingin belajar tentang Islam dan dekat dengan Allah. Bagaimana agenda Ramadhan yang bisa diterapkan untuk memanfaatkan momen berharga ini ?

Bulan penuh keberkahan , bulan dimana setan dan iblis dibelenggu di neraka dan pintu kebaikan di buka lebar oleh Allah. Bulan dimana pahal dilipatgandakan, bulan yang sangat indah bahkan untuk yang tidak berpuasa sekalipun. Di Indonesia nuansa Ramadhan sangat terasa sekali, televisi menyesuaikan acaranya, radio dipenuhi ceramah dan lantunan Qur’an, para selebritis mengenakan pakaian yang menutup aurat, hingga restoran yang ditutup di waktu siang.

Momen yang mahal dan membuat semua orang lebih dekat dengan Allah, Shalat lebih rajin, tilawah mulai dijalankan, Shalat malam mulai dilatih dan sense berIslam yang meningkat secara umum. Ini merupakan momen yang harus disiapkan secara matang oleh LDK, karena momen berharga ini bisa sebagai ladang amal bagi kita. Sebelum saya memberikan beberapa usulan agenda, saya ingin mengingatkan satu hal, yakni, komposisikan agenda ramadhan dengan baik agar seluruh civitas akademik dapat tersentuh sedangkan panitia tidak merasa kering karena waktu ibadahnya berkurang. Yakinlah, setiap amal dakwah yang Anda lakukan akan Allah nilai lebih dengan keikhlasan yang Anda miliki. Dalam pembahasan variasi agenda ramadhan ini, saya akan membagi menjadi tiga poin utama, yakni, propaganda, acara dan pelayanan.

Propaganda

Propaganda yang dilakukan adalah terkait seruan untuk meningkatkan ibadah dan berbuat amal. Menggunakan kalimat atau rangkaian kata yang halus dan mengajak menjadi kunci dalam propaganda ini. Bentuk proganda dengan tulisan yang di goreskan dalam poster, umbul-umbul atau leaflet, seperti untuk shalat malam sebelum sahur, tilawah setiap hari, bersedekah, tebar senyum dan kebaikan, ajakan shalat sunnah dhuha,jangan menyontek saat ujian dan lain-lain. Ajakan ini disebarluaskan secara merata di seluruh penjuru agar terasa suasana ramadhannya.

Selain itu pemanfaatan media buletin untuk menyampaikan pesan terkait ramadhan, seperti keutaamaan ramadhan, tips berpuasa, hal-hal yang perlu diketahui terkait puasa, apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan selama berpuasa, makanan sehat untuk sahur dan berbuka bagi mahasiswa, cara meningkatkan konsentrasi belajar saat berpuasa, membuat ramadhan jadi bermakna dan lainnya.

Agenda propaganda lain, seperti hari khusus baju koko dan jilbab, setiap hari jumat, kita mencoba mengganungkan propaganda dengan bahasa yang sangat diterima,dan membuat saudara kita menjadi terbiasa untuk menjalani ajakan ini, dalam hal ini menggunakan baju koko bagi pria dan jilbab bagi perempuan.

Bentuk lain dari propanda adalah dengan stiker yang bisa dipasang di berbagai tempat untuk mempublikasikan ramadhan di kampus, atau mungkin dengan  jadwal imsakiyah versi LDK. Propaganda saat ramadhan diusahakan merata di seluruh kampus, media yang digunakan bisa sangat bervariasi, akan tetapi pesan yang ingin disampaikan jelas dan menggugah untuk dijalankan.

Acara

Ta’lim + ifthar bareng

Buka puasa bareng dalam berbagai skala selalu menjadi acara wajib saat puasa. Kita bisa mengemas acara ta’lim ini secara rutin dan memiliki kurikulum. Sebisa mungkin agenda ta’lim dengan berbagai tema diadakan setiap hari. Dengan harapan seorang dapat belajar kapanpun ia menginginkan.

Buka bareng se-kampus

Agenda unggulan GAMAIS ITB saat ramadhan, agenda yang bisa menyerap hingga ribuan mahasiswa dalam buka puasa bareng. Disini LDK berperan dalam memberikan kesempatan untuk seluruh mahasiswa dari berbaga program studi untuk gathering  di sebuah titik sembari berbuka puasa. Agenda ini bisa diisi dengan tausiyah dan pergelaran seni yang membuat mahasiswa tidak jenuh.

Sahur on the road

Agenda ini biasanya bisa menarik massa kampus untuk bergabung sebagai subjek pelaksana. Acaranya sangat sederhana, kita mengumpulkan dana untuk membelikan sejumlah nasi bungkus. Lalu sekitar dini hari, menggunakan kendaraan pribadi secara massal kita membagikan makanan sahur ini untuk masyarakat yang tinggal di jalan. Acara ditutup dengan sahur bareng di sebuah tempat tertentu.

Lomba kreatifitas

Lomba pada umumnya, tapi bisa dengan jenis perlombaan yang unik seperti fotografi, videografi, grafiti, instalasi, puisi, karya tulis, kaligrafi, dan lain-lain.

I’tikaf

Pada sepuluh hari menjalang akhir bulan ramadhan , keutamaan i’tikaf sangat dianjurkan oleh Rasul. Kita bisa memfasilitasi i’tikaf di masjid kampus, sehingga mahasiswa bisa beribadah dan kuliah dengan seimbang,

Muhasabah

Muhasabah bersama, sebutlah dengan tema “kampus berzikir”, sebagai varian pengganti ta’lim dan buka bareng.

Charity

Kesempatan untuk beramal terbuka, LDK bisa memfasilitasi dalam bentuk penggalangan bantuan kepada massa kampus dengan donasi keliling. Sumbangan bisa diberikan kepada yang membutuhkan, atau bisa jadi mengadakan buka bareng anak yatim, biasanya massa kampus senang kegiatan yang berhubungan dengan anak-anak. Atau mengadakan penggalangan dana dalam bentuk pargelaran musik tradisional.

Pelayanan

Tilawah spot

Biasanya seorang akan enggan jika melakukan sesuatu sendirian, apalagi jika ia pertama kali melakukannya. Salah satunya adalah tilawah. Dengan menyediakan spot khusus di beberapa titik kampus untuk tilawah seorang akan bisa belajar dan mengaji bersama orang-orang yang juga mengaji. Ini juga merupakan bentuk propaganda untuk mengaji Qur’an secara rutin.

Pembagian ta’jil

Hal yang ditunggu seoarng ketika berpuasa, kita bisa membagikan ta’jil gratis setiap hari atau menjual dengan harga murah kepada massa kampus yang masih beraktifitas di kampus, apakah ia sedang olahraga, mengerjakan tugas, asistensi, rapat dan lainnya.

Anda bertanya-Ustadz Mennjawab

Semacam fasilitas untuk menjawab pertanyaan seputar ramadhan, puasa dan Islam. Dibimbing oleh ustadz yang berkompeten, atau oleh dewan syariah LDK untuk menjamin kevalidan jawaban. Varian lain, dengan membuka fasilitas sms panduan ramadhan dengan mendaftar. ( ketik : sms ramadhan kampus kirim ke XXXX ). Ini menjadi pemanfaatan media elektronik yang baik. Atau bisa menggunakan jasa web LDK atau blog agar lebih mudah di akses, bahkan oleh kampus lain.

Siaran radio menjelang berbuka

Bekerjasama dengan radio kampus, kita menyiarkan acara menjelang berbuka yang di isi oleh kader dakwah yang berkompeten. Pembicaraan seputar ramadhan dan puasa tentunya.

Sahur wake up call

Fasilitas membangunkan objek dakwah untuk ashur atau shalat tahajud, bisa dengan telepon atau sms. Pada intinya kita memfasilitasi mereka untuk bangun agar tidak telat sahur.

Jadwal imsakiyah

Membuat jadwal imsak dan waktu shalat untuk objek dakwah dengan versi LDK. Ini berfungsi juga sebagai propaganda. Dibuat untuk seluruh mahasiswa, sehingga setiap ia melihat jadwal puasa ia akan teringat akan lembaga dakwah kita. Pelayan jadwal imsakiyah ini dibutuhkan oleh seluruh muslim.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s